Home      info@ibec.or.id      

Why UK

Kenapa Pilih UK?

Britania Raya atau United Kingdom (UK) sudah lama dikenal sebagai tempat tujuan belajar yang banyak diminati oleh mahasiswa internasional. Pada saat ini terdapat lebih dari 450.000 mahasiswa asing dari seluruh dunia yang belajar di UK. Mahasiswa internasional yang terbanyak berasal dari negara-negara : Malaysia, Eropa, India, Hongkong, Amerika Serikat, Jepang, dan China.

 

Apa Saja Kelebihannya?

  • Pengakuan internasional untuk gelar-gelar yang diberikan.
  • Institusi pendidikannya menawarkan banyak pilihan bidang studi (mulai dari arsitektur hingga zoology) sesuai dengan kebutuhan, baik yang bersifat akademis maupun praktikal.
  • Kuliah-kuliah intensif dengan waktu yang lebih singkat sehingga menghemat biaya sekolah maupun biaya hidup dan waktu.
  • Memiliki reputasi internasional untuk bidang riset.
  • Memberikan jaminan untuk kualitas melalui pendidikan yang bermutu.
  • Kelas dengan suasana internasional.
  • Secara rutin dilakukan pengkajian mutu pendidikan baik dibidang riset maupun pengajaran yang digolongkan menurut berbagai macam program studi.
  • Pembimbing akademik untuk setiap mahasiswa dengan supervisi yang intensif.
  • Informasi dari Career Service untuk kesempatan kerja setelah lulus.
  • Sarana belajar lengkap seperti perpustakaan, laboratorium, komputer, serta sarana penunjang untuk kegiatan olahraga, kesehatan, dll.

 

Bagaimana Mutu dan Kualitas Dijaga?

Mutu atau kualitas pendidikan di Britania Raya dijaga dengan berbagai cara. Untuk perguruan tinggi, salah satunya adalah melalui sistim penguji luar atau dikenal dengan external examiners. Sistem ini memungkinkan tim penguji di luar universitas tertentu untuk menguji mahasiswa dari universitas lainnya, sehingga standar mutu dapat terjaga. Disamping itu terdapat juga dua jenis penilaian atau pengkajian untuk bidang riset/penelitian dan kualitas/mutu yang dilakukan oleh Higher Education Funding Council (HEFC atau Badan Pendanaan Pendidikan Tertinggi).

Pengkajian riset dilakukan oleh HEFC England, Skotlandia dan Wales, dan Departemen Pendidikan Irlandia Utara. Pengkajian ini menilai kualitas riset di universitas dan kolese setiap 3 atau 4 tahun. Nilai diberikan menurut skala satu sampai lima (lima nilai tertinggi). Pengkajian ini mengukur kualitas riset yang dilakukan oleh staf dengan standar riset nasional maupun internasional. Informasi ini bermanfaat bagi mereka yang ingin mengikuti program pasca sarjana melalui program riset (MPhil atau PhD) atau mereka yang ingin menghubungi pusat-pusat riset di UK.

Pengkajian kualitas/mutu pendidikan diselenggarakan oleh HEFC England, Skotlandia dan Wales. Untuk Irlandia Utara kegiatan ini dilakukan oleh England yang mewakili Departemen Pendidikan Irlandia Utara. Institusi pendidikan di Britania bebas untuk menentukan tujuan dan sasaran mereka. Mutu pendidikan dikaji, menurut bidang studi, sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan oleh penyelenggara berhasil dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah mereka buat. Terdapat enam kriteria utama penyelenggaraan pendidikan yang dipertimbangkan dalam pengkajian mutu/kualitas, yaitu :

  • Rancangan kurikulum isi dan pengorganisasian;
  • Mengajar, belajar dan ujian;
  • Kemajuan mahasiswa dan pencapaiannya;
  • Sarana belajar (misalnya IT, laboratorium, peralatan, perpustakaan, dll)
  • Jaminan dan peningkatan kualitas.

Alasan utama pengkajian kualitas ini dilakukan adalah untuk menyediakan informasi tentang kualitas bidang studi pada suatu institusi. Hasilnya dapat memungkinkan siswa untuk mengetahui apakah kursus yang dipilih diselenggarakan dengan baik. Pengkajian kualitas bukan dimaksudkan untuk secara langsung membandingkan satu institusi dengan institusi lainnya dan bukan pula untuk menempatkan institusi pada satu urutan tertentu.